Cara Mengatasi Leptop Sering Mati Sendiri


 Cara Mengatasi Leptop Yang Tiba-Tiba Mati Dengan Sendirinya




Hai sobat, apakah anda pernah atau sedang mengalami suatu hal yang sangat menyebalkan saat menggunakan Leptop untuk bekerja atau mengerjakan sesuatu. Contohnya seperti tiba-tiba Leptop kalian eror tidak berfungsi dengan tiba tiba atau bahkan mati dengan sendirinya.

Untuk kalian yang sedangng mengalami Leptop mati dengan sendirinya , kalian tidak perlu khawatir. Karena Leptop yang mati dengan mendadak biasanya disebabkan oleh baterai, komponen hardwarenya yang panas, penyimpanan terlalu penuh sehingga menghambat proses berjanyanya Leptop, dan lain lain.

Salah satu cara untuk mengatasi Leptop mati sendiri adalah dengan cara membawanya ke tukang servis, tetapi jika anda ingin mencoba untuk memperbaikinya sendiri kami punya beberapa cara untuk kalian coba.

Dinginkan Leptop Anda Menggunakan Kipas Bawaan Leptop





Nah cara yang satu ini tentunya tidak terlalu sulit untuk bisa anda coba, karena alasan Leptop sering mati sendiri adalah karena Leptop terlalu panas, nah Leptop yang terlalu panas bisa disebabkan karna terlalu lama menggunakan leptop melebihi waktu pemakianya dan bisa juga disebabkan karena terlalu banyak digunakan untuk membuka sebuah aplikasi atau pekerjaan.

Maka dari itu ketika leptop anda panas, anda bisa mendinginkanya dengan  kipas bawaan Leptop untuk mengurangin panas di Leptop saat digunakan untuk bekerja.



Update Windows And Dirvers

Dengan melakukan Update Windows dan Drivers membatu kinerja leptop menjadi lebih efesien, dan terkadang jika OS tertinggal menyebabkan Leptop mati dengan mendadak. 

Nah kalian bisa mengupdate windows dengan langkah langkah berikut untuk mendapatkan windows terbaru.

  1. Pertama anda buka pencarian, kalian ketikan pengaturan pembaruan Windows dan enter
  2. Kemudian kalian klik tombol periksa pembaruan 
  3. Lalu Windows akan secara otomatis mencari, mengunduh dan menginstal update terbaru OS dan driver
  4. Lalu kemudian anda bisa Merestart Leptop anda, dan anda bisa coba tunggu bagaimana perkebanganya.

Periksa Kesehatan Baterai Leptop Anda





Akibat baterai Leptop yang rusak atau sudah lemah bisa menyebabkan Leptop mati secara mendadak, Kalian bisa melihatnya apabila jika baterai Leptop anda tiba tiba turun maka itu lah penyebab Leptop kalian mati secara mendadak.

Jika itu terjadi kalian bisa mengganti dengan baterai Leptop yang baru. Karena baterai yang lemah bisa disebabkan oleh kabel yang rusak atau sebagainya, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah ada kabel yang rusak atau ada sambungan yang longgar.

Periksa Penyimpanan Pada Leptop Anda

Nah akibat penyimpana pada Leptop terlalu penuh bisa juga menyebabkan kinerja Leptop menjadi lambat dan Leptop menjadi panas, sebaiknya anda bersihkan file-file yang tidak terlalu dibutuhkan lagi lalu hapus atau anda beli Hardisk utuk menyimpan file-file itu dan anda bisa menghapus file yang berada didalam Leptop anda.

Dengan cara itu bisa memungkinkan Leptop anda kinerjanya tidak lambat lagi dan menjadi lancar sehingga Leptop anda tidak mengalami panas yang berlebihan.

Atur Ulang Leptop Anda

Kemungkinan OS pada Leptop anda menjadi penyebab kematian pada Leptop anda. Cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur ulang Leptop menggunakan USB yang dapat di Boot atau CD-Drive , Boot Disk.

Anda bisa menyambungkan USB yang dapat di Boot atau anda bisa memasukan Disk lalu biarkan sistem mengenali priferal dan anda bisa ikuti petunjuk layar.

Ganti Baterai Bios Leptop Anda

Baterai BIOS adalah merupakan suatu komponen yang penting di Leptop untuk pengaturan BIOS.

Untuk mengetahui apakah sebuah baterai Bios anda berfungsi atau tidak, kalian bisa memeriksa bagian tanggal dan waktu saat menyalakan Leptop anda. Jika tanggal dan waktu tidak benar maka kemungkinan baterai BIOS mengatur ulang default dan menampilkan pengaturan pabrik.

Berikut cara untuk mengganti baterai CMOSnya:

  1. Pertama anda matikan Leptop dan lepas semua termasuk kabel daya
  2. Kemudian anda bisa lepaskan baterai 
  3. Lalu anda buka panel bawah
  4. Biasanya baterai CMOS terletak disebelah Hardisk 
  5. Lalu kemudian lepas baterai CMOS secara hati hati supaya tidak merusak Motherboard
  6. Tempatkan baterai baru ditempatnya dengan tanda (+) menghadap keatas
  7. Jika sudah maka pasang semuanya kembali
  8. Kemudian hidupkan Leptop, juka sudah booting anda tekan f12  untuk masuk kepengaturan bios
  9. Lalu tetapkan tanggal dan waktu sistem, simpan perubahan dan mulai ulang leptopmu
Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi Leptop yang tiba-tiba mati sendiri, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar

Recent Posts

Recent Comment